Destinasi Wisata Karimunjawa 2

Destinasi Wisata Karimunjawa 2
   Ini adalah edisi ke dua saya membahas tentang destinasi wisata di Karimunjawa, setelah di postingan yang pertama saya membahas 3 destinasi wisata di Karimunjawa sekarang saya akan membahas sisanya, kita mulaikan saja dari yang pertama!


Pantai Tanjung Gelam

   Pantai Tanjung Gelam merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Karimunjawa, pantai ini terletak di pulau utama Karimunjawa yang dapat ditempuh dengan sangat mudah dengan kendaraan bermotor. Jika mau dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Karimunjawa, pantai ini adalah salah satu yang terbaik, dengan hamparan pasir putih yang halus, kumpulan terumbu karang yang nampak dari permukaan air yang jernih, deretan pohon kelapa yang menjorok ke laut seolah-olah melambai, dan juga sunset yang sangat menakjubkan untuk menemani kehangatan di waktu sore menjelang malam. Keindahan Pantai Tanjung Gelam ini memang tiada tara.

Pulau Menjangan Kecil

   Biasa disebut oleh warga sekitar dengan sebutan Spot Maer, pulau ini merupakan spot snorkling di kepulauan Karimunjawa, pulau Menjangan Kecil dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit dari pulau Karimunjawa, sepanjang perjalanan anda akan disuguhi hamparan laut yang jernih, biru, dan luas, dan juga ikan-ikan yang menari-nari disekitar perahu teman-teman.

   Setelah melakukan perjalanan sekitar 15 menit tersebut teman-teman bisa langsung mencoba dan menikmati bagaimana sensasinya snorkling dipulau ini, teman-teman akan merasakan sensasi yang berbeda dengan tempat lain, disini teman-teman bisa sangat dekat dengan ikan-ikan disin, bahkan seakan-akan bisa mengajak bicara ikan-ikan itu, tapi kalau ikan-ikannya ikut ngomong jangan kaget :D. Tidak hanya dengan ikan-ikan saja terumbu karang disini juga sangat indah, meski sangat indah kita tidak diperbolehkan membawanya pulang karena itu merupakan kekayaan alam yang harus tetap dijaga dan dilestarikan kelangsungan hidupya, karena punahnya satu spesies saja dapat mengganggu kelangsungan hidup banyak spesies, jadi mari kita lestarikan alam ini.


Tracking Mangrove

   Disebut oleh warga lokal dengan hutan bakau, tempat wisata ini terletak di pulau Kemojan yang berbatasan langsung dengan pulau Karimunjawa. Tempat ini dapat diakse dengan kendaraan bermotor, namun meskipun dapat diakses dengan kendaraan jalan menuju tempat ini tidak begitu semudah kedengarannya, karena teman-teman harus melewati jalan yang berkelak-kelok dan rusak sepanjang 12km dari alun-alun Karimunjawa.

   Tempat ini ditujukan khususnya bagi kalian yang suka akan keadaan alam yang masih asri dan mau belajar untuk melestarikan alam sekitar. setibanya disini teman-teman akan disambut denga jembatan panjang yang di sekitarnya tumbuh tumbuhan bakau, salah satu jenis bakau di hutan bakau Karimunjawa adalah jenis bakau yang sudah langka di dunia yaitu schipiphora hydrophilaceae, waru laut atau malvaceae, Mangrove getah atau luphorbiaceae, Mangrove tingen atau rhizophoraceae, Mangrove duduk atau combretaceae dan Mangrove pedada lanang atau sonneratiaceae dari sekitar 45 jenis yang termasuk dalam 25 family. Tanaman bakau ini perannya sangat penting bagi ekosistem yang ada di pantai selain sebaai tempat tiggal dari beragam jenis binatang yang bertempat tinggal dan mencari makan disana juga sebagai pencegah dari terjadinya abrasi, inilah sebabnya tanaman ini sangat perlu untuk dilestarikan.


   Sampai disini bahasan saya tentang Karimunjawa intinya adalah tempat-tempat indah ini merupakan anugerah dari Sang Kuasa, kita sebagai manusia hendaklah menikmati anugerah tersebut sambil menjaganya dan melestarikannya. Karena jika kita menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita.

1 komentar:

  1. pengen ke karimun jawa tp belum kesampaian trs. tertarik bgt sama pemandangan indah yg ditawarkannya.

    ReplyDelete

Pages